Tutorial Blog - Menampilkan Kode HTML Pada Artikel Blog

print this page
send email
Hai semua. Sebenernya postingan kali ini berkaitan dengan pengalaman saya saat mencoba membuat sebuah artikel untuk blog sederhana ini. Pengalaman menyebalkan berharga itu yang melandasi pembuatan artikel nggak penting ini.

Jadi begini nih ceritanya, awalnya saya ingin membuat artikel tentang cara membuat read more di blog (artikelnya bisa diliat disini :D). Nah, kebetulan artikel yang satu ini nuntut saya buat nampilin kode html di dalamnya. Waktu kode html-nya diketik di teks editornya blogspot sih ga ada masalah. Tapi waktu saya coba di-preview ternyata tanpa banyak basa-basi itu kode html pada nggak keliatan. Wah, seketika bli surya langsung panik, mondar-mandir kesana-sini, muntah-muntah, keluar keringat dingin nggak karuan, de-el-el. Tapi saya mencoba bertahan dari cobaan ini. Dengan segenap kemampuan modem di rumah dan laptop tercinta, saya langsung konsultasi sama mbah google, saya ubek-ubek seisi dunia maya dan akhirnya sampailah pada saat-saat yg berbahagia, dengan selamat sentosa menyatakan bahwa masalah yang saya hadapi akan segera terselesaikan. Atas bantuan mbah google yg baik hati dan tidak sombong akhirnya solusi buat masalah ini terpecahkan. Mau tau gimana solusinya? Oke lets cekidot...

Kadang kala saat kita mengetikan kode html seperti <data:post.body/>, saat dipublikasi atau di-preview kode tersebut nggak akan muncul sesuai keinginan kita, atau bahkan nggak bakal keliatan. Ini karena blogspot menganggap kode html yg kita ketik tadi itu adalah bagian dari kode html yang menyusun artikel, bukan bagian dari artikelnya. Jadi blogspot langsung menganggap kode itu sebagai perintah yg harus dilaksanakan, bukan sebagai tulisan artikel, makanya kodenya nggak nongol di artikel yg dibuat. Untuk mensiasatinya ada beberapa cara yg bisa dilakukan.

Kalo temen-temen sudah pakai editor terbaru dari blogger bakalan lebih gampang lagi. Tinggal klik 'Post Option' terus di bagian 'Setelan Tulis' pilih 'Tunjukkan HTML apa adanya'. Biar lebih jelas, liat gambar:


Buat temen-temen yg masih pake editor yg lama dan mau ganti ke editor yg baru gini caranya. Masuk ke bagian pengaturan (lihat gambar).


Kalo udah, scroll ke bawah, cari bagian 'Pilih editor entri' lalu tandai 'Editor yang dimutakhirkan' (lihat gambar).


Kalo udah, tinggal klik tombol 'Simpan Setelan' (yg warna oranye). Alhasil editor terbaru sudah siap temen-temen nikmati.

Tapi, kalo temen-temen nggak mau repot gonta-ganti editor, bisa langsung mainin kode-kode html di editor postingan blogspot. Kita cuma perlu ganti karakter-karakter tertentu dalam kode html itu dengan notasi pengganti, seperti yg ada di tabel di bawah:

Karakter
Notasi Pengganti
< &lt;
> &gt;
" &quot;
& &amp;
± &plusmn;
spasi &nbsp;
© &copy;
® &reg;

Contohnya, kalo kita mau bikin kode seperti di bawah ini:


<data:post.body/>

maka yg kita ketik di editor entri adalah:


&lt;data:post.body/&gt;


Udah, segitu aja. Tinggal dipublikasi dah artikelnya. Nanti kode yg temen-temen buat bakalan terpampang di artikel blog temen-temen.

Sekian dulu info dari bli surya. Semoga ada manfaatnya buat temen-temen semua.
:)

2 komentar:

  1. sip gan tutonya.. trus cara nampilin notasi penggatinya di artikel blog gmana gan?

    BalasHapus
  2. coba lihat semua notasi pengganti, pasti diawali & kan, jadi klo mau nampilin notasi penggantinya ya tinggal ganti & dengan &amp;, misal mau nampilin &lt; tulislah &amp;lt;

    BalasHapus