Pascal (The Beginning)

print this page
send email
Sebelum mulai berkarya dengan bahasa pascal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar program yang kita buat bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Bagi yang sudah biasa menggunakan bahasa pascal lebih baik tidak usah baca artikel ini karena tidak penting buat anda, tapi kalau mau dibaca juga tidak apa-apa :D.

Yang pertama, jangan lupa awali program dengan "begin" (tanpa tanda petik) dan akhiri dengan "end." (tanpa tanda petik, ingat isi tanda titik setelah kata end). Di antara tanda "begin" dan "end." itu kita akan mengetikan perintah-perintah yang nantinya akan dijalankan program.

Yang kedua, tanda titik koma (;). Mungkin memang kecil, tapi sangat penting dan mempengaruhi bisa atau tidaknya program dijalankan. Tanda (;) ditambahkan di akhir perintah atau instruksi sebagai tanda bahwa perintah yang kita ketikan sudah diakhiri. Kadang, kalau lupa menambahkan tanda (;) di akhir perintah, bisa-bisa program tidak bisa dijalankan.


Yang ketiga, sudah tentu compiler. Agar program yang kita buat bisa berjalan sesuai rencana maka kumpulan kode-kode program harus di-compile atau dibangun menjadi sebuah program (biasanya berekstensi .exe). Ada beberapa compiler untuk bahasa pascal yaitu: Turbo Pascal dan Free Pascal (baru ini saja yang saya tau :D). Untuk free pascal bisa didownload disini.


0 komentar:

Posting Komentar