Pascal (The Introduction)

print this page
send email

Pascal disini maksudnya bukan segitiga pascal yang ada di pelajaran matematika, tapi salah satu bagian dari bahasa pemrograman komputer. Bagi yang punya minat dalam bidang perkomputeran boleh membaca artikel ini, tapi bagi yang tidak minat tapi iseng aja mau tau boleh juga baca artikel ini. :)

Bahasa pemrograman pascal termasuk salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa pemrograma tingkat tinggi maksudnya bahasa pemrograman yang hampir mirip bahasa manusia, mudah dimengerti karena perintah-perintah yang dipakai mirip dengan kata-kata dalam bahasa Inggris, misalnya: writeLn (perintah untuk menuliskan output pada layar), readLn (perintah untuk meminta user memasukkan inputan), IF (operasi untuk melakukan aksi tertentu berdasarkan keadaan tertentu), repeat-until (perintah untuk melakukan operasi perulangan), dan masih banyak lagi koleksi perintah-perintah lainnya yang juga mirip kata-kata dalam bahasa Inggris. Jadi intinya bahasa pascal lebih mudah dimengerti daripada bahasa pemrograman tingkat rendah yang instruksi-instruksinya susah dimengerti karena menggunakan bahasa mesin.

Bahasa Pascal pertama kali dicetuskan oleh Professor Niklaus Wirth pada tahun 1971. Nama Pascal sendiri diadopsi dari nama matematikawan Perancis, Blaise Pascal yang pertama kali menemukan mesin hitung, sebagai bentuk penghargaan terhadap beliau. Professor Niklaus Wirth menggunakan bahasa Pascal untuk mengajarkan pemrograman komputer kepada mahasiswanya dan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan pada bahasa pemrograman yang sudah muncul duluan saat itu.

Kelebihan Pascal dibandingkan bahasa pemrograman lainnya saat itu antara lain:
  • Memiliki tipe data standar seperti: Boolean, integer, real, char, string dan lain sebagainya.
  • Pengguna bisa mendefinisikan tipe data baru yang diturunkan dari tipe data standar yang sudah ada.
  • Memungkinkan program dipecah menjadi fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur yang dapat dipanggil berkali-kali.
  • Perintah-perintah yang digunakan mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga lebih mudah dimengerti.

Mungkin bagi yang punya keinginan belajar pemrograman komputer (contohnya saya sendiri :D) bisa mengawali karirnya dengan pascal. Ya lumayan lah buat mengawali sebelum lanjut ke bahasa pemrograman lainnya yang lebih ribet lagi penggunaannya.

Untuk contoh program dan sedikit pembahasan mengenai perintah-perintahnya juga akan diposting pada artikel-artikel SuryaCoder selanjutnya.

~See Ya...~


0 komentar:

Posting Komentar