Belajar Pascal - Hello World

print this page
send email
Sebelum melanjutkan membuat program pascal, sedikit pemahaman mengenai perintah "writeln" (tanpa tanda petik) bisa menjadi pegangan untuk membangun program-program pascal kita selanjutnya.

Perintah writeln digunakan untuk mencetak output-an pada layar monitor. Cara penulisannya adalah sebagai berikut:

writeln('teks');

(Jangan lupa tanda titik komanya).
Di antara tanda (') dan (') kita isikan teks yang akan ditampilkan di layar monitor.

Untuk permulaan, mari kita buat program Hello World.

Ketikkan perintah-perintah berikut pada compiler pascal (free pascal atau turbo pascal, kalo saya sendiri kebetulan pengguna free pascal jadi tampilannya free pascal punya :D):

begin
writeln('Hello World');
writeln('Hello World');
writeln('Hello World');
end.

Setelah mengetikan kode di atas, compile project yang dibuat dengan menekan tombol Ctrl+Alt+F9 atau pilih menu Compile>Compile. Setelah program di-compile, jalankan program dengan menekan Ctrl+F9 atau pilih menu Run>Run. Program akan berjalan dalam waktu yang singkat, untuk melihat hasilnya tekan tombol Alt+F5. Tampilan program sebagai berikut:


Nah, sekarang coba ganti perintah writeln dengan write, maka hasilnya akan seperti ini:


Bisa dilihat perbedaan dari kedua output-an program. Jika perintah writeln yang digunakan maka setelah mengetikkan output-an kursor akan langsung pindah ke baris di bawahnya. Sebaliknya, jika perintah write yang digunakan maka setelah mengetikkan output-an kursor tidak pindah ke baris di bawahnya tapi tetap berada di baris tersebut.

Untuk kali ini, pemanasannya cukup sekian. Jika ingin lebih memahami printah writeln dan write bisa dicoba-coba sendiri memvariasikan program Hello World tadi.

0 komentar:

Posting Komentar