Pengamanan Komputer Ala SuryaCoder

print this page
send email
Ingin berbagi sedikit sama temen-temen sekalian mengenai keamanan komputer. Bukan maksudnya menggurui, tapi cuma mau sharing aja. Ini menurut pengalaman saya sendiri dan sudah diterapkan nyaris setahun (atau mungkin udah lebih dari setahun, ya pokoknya gitu dah). Terutama buat yang takut komputernya terserang virus komputer dan kawan-kawannya karena ada banyak data penting yang disimpan di komputer tersebut.

Dari yang saya lihat di sekeliling, nggak sedikit juga orang yang melakukan scan saat mencolok flashdisk (selanjutnya kita sebut saja FD) atau harddisk eksternal biar virusnya nggak bisa menyelinap masuk. Tapi kalau menurut saya hal itu cukup membuang waktu. Ya kalau kapasitas FDnya kecil, kalau besar dan berisi banyak data bagaimana? Masa mau ditunggu sampai scannya selesai? Bagaimana jika kita dalam keadaan terdesak, tiba-tiba atasan nyuruh kita mengcopy file dari komputer ke FD dan ia sedang buru-buru, karena kita terlalu over-protective sama komputer ya kita scan dulu, tapi ternyata isi FD banyak dan butuh waktu lama untuk melakukan scan, atasan pun mulai bosen nungguin, akhirnya kita kena semprot karena membuang waktunya terlalu lama yang sebenarnya ia buru-buru ingin ke toilet untuk buang air besar, karena menunggu FDnya terpaksa airnya terbuang di celana (waduh kasian tuh orang).

Nah, kalau saya sendiri sih punya dan sudah menerapkan beberapa langkah memproteksi komputer dari serangan makhluk asing tanpa harus membuang-buang waktu dengan melakukan scan terlalu lama. Marilah kita sambut 'Cara melindungi komputer ala SuryaCoder' (beri tepuk tangan yang meriah :)).
  • Pertama, matikan autoplay untuk semua drive baik itu FD maupun CD/DVD, karena jika autoplay hidup dan tanpa disadari ada virus yang sengaja nongkrong di FD, bisa saja virus itu akan otomatis aktif karena pengaruh dari autoplay. Cara mematikan autoplay ini adalah sebagai berikut: Tekan tombol Windows+R atau klik tombol [Start] lalu pilih Run, setelah itu ketikan "gpedit.msc" (tanpa tanda petik) nanti akan muncul jendela gpedit.msc, lalu carilah pada bagian kiri 'All Settings' yg berada pada Computer Configuration>Administrative Templates. Lalu di bagian kanan, cari item yg bernama "Turn Off Autoplay" lalu double klik item itu maka akan muncul jendela seperti gambar, beri tanda pada pilihan "Enabled" dan pada 'Turn off Autoplay on' pilih All drives (lihat gambar). Setelah itu tonjok tombol OK, autoplay pun dimatikan untuk semua drive.


  • Selanjutnya, buka windows explorer dengan cara menekan tombol Windows+E atau klik kanan Start menu kemudian pilih Windows Explorer. Lalu pilih menu Organize>Folder and search Option, untuk Window XP pilih Tools>Folder Options. Lalu akan muncul jendela folder option, lakukan pengaturan seperti gambar di bawah ini, maka semua file yang tersembunyi akan terlihat, termasuk file sistem. Ini berguna untuk mengetahui siapa tahu ada file virus di FD yang bersembunyi diam-diam, jadi kita bisa menghapusnya sebelum tak sengaja menjalankannya.

  • Jangan pernah melakukan double klik pada drive maupun folder. Lebih baik menggunakan windows explorer untuk mengeksplorasi komputer kita. Cukup dengan mengklik sekali di bagian kiri yang berisi nama drive dan folder kita sudah bisa melihat apa isinya di sebelah kanan, seperti gambar ini. Knp menghindari double klik? karena terkadang dengan mendouble klik FD atau drive secara tidak langsung kita menjalankan virus yang telah bersarang terlebih dahulu di drive tersebut, jadi untuk jaga" mari kita kurangi mendouble klik drive dan folder :D
  • Tetapkan pendirian pada satu antivirus. Antivirus harus tetap dipasang, tapi jangan banyak-banyak menggunakan antivirus. Cukup satu saja namun selalu up-to-date. Kalau punya banyak tapi tidak di-update sama saja bohong, malah itu akan memperlambat kinerja komputer karena proses yang berkerja terlalu banyak.
  • Jangan terlalu gampang menjalankan aplikasi atau file-file asing (yg belum diketahui bibit, bebet dan bobotnya) seenaknya. Misalkan aplikasi crack atau kode pengaktifan suatu aplikasi yang seharusnya didapat dengan membayar. Atau membuka file-file asing yang didapat dari internet maupun orang lain.
  • Coba cari-cari informasi tentang ciri-ciri virus komputer, biasanya sih namanya yang aneh-aneh atau ada beberapa file yang ukurannya sama dan mengandung suatu keanehan, dsb. Intinya, up-to-date aja sama info virus komputer.
Mungkin segitu saja dulu sharingnya. Kalau saya sendiri sudah menerapkan hal-hal di atas sejak lama. Alhasil memang komputer saya jarang terkena virus, dkk. Selain itu juga tidak terlalu merepotkan karena nggak perlu melakukan scan setiap ada FD yg tertancap di komputer. Yah, hitung-hitung belajar berpikir positif dan menghilangkan pikiran negatif atau curiga kalau FD orang berisi virus. :D

NB: tips ini hanya untuk sistem operasi windows (sampai saat ini baru pada windows XP dan windows 7 yang sudah pernah saya terapkan tehnik ini di dalamnya)


Semoga artikelnya bermanfaat buat temen-temen semua.

Salam.

0 komentar:

Posting Komentar